Gudang Gaya


Diet Pencegah Hipertensi

Bookmark and Share
Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah yang terus-menerus dalam jangka waktu lama.
Seseorang baru dapat dinyatakan menderita hipertensi bila didapatkan tekanan darah yang abnormal pada 3-4 kali pemeriksaan yang berbeda. Menurut WHO, batas tekanan  darah yang masih dianggap normal adalah lebih rendah dari 140/90 mmHg, dan dinyatakan sebagaai hipertensi apabila tekanan darah sama atau diatas 163/95 mmHg.

Sedangkan angka diantara tekanan daraah normal dan hipertensi, disebut hipertensi borderlaine.

Apa Penyebabnya?

Dilihat dari penyebabnya, hipertensi dibagi menjadi 2 golongan, yaitu hipertensi primer (hipertensi esensial) dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer meliputi sekitar 90% dari seluruh penderita hipertensi, sedangkan 10% sisanya termasuk dalam kategori hipertensi sekunder. Faktor penyebab hipertensi primer :
  • kegemukan
  • terlalu banyak mengkonsumsi garam
  • kurang latihan jasmani
  • kebiasaan minum alkohol
  • keturunan
Faktor penyebab hipertensi sekunder :
  • adanya penyakit-penyakit lain, contoh : penyakit tertentu dari ginjal atau anak ginjal

Bagaimana mencegahnya?

Hipertensi primer erat kaitannya dengan pola hidup. Oleh karenanya, kunci pencegahan dan pengendalian hipertensi terletak pada gaya hidup sehat.

Pengaturan diet

  • NATRIUM

Natrium di dalam tubuh berfungsi seperti sponge guna menahan air dalam tubuh. Namun, zat yang terdapat secara alami dalam berbagaai bahan makanan itu, jika terlalu banyak dikonsumsi akan mengakibatkan volume darah membesar yang akan mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah (hipertensi). Kebutuhan natrium tubuh telah terpenuhi dari makanan yang seimbang.
Selain garam (yang mengandung natrium paling tinggi), bahan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan pun banyak mengandung natrium. Namaun, bahan hewani lebih tinggi kadar natriumnya ketimbang bahan makanan nabati. Penelitian membuktikan, makanan yang menggunakan hanya sedikit garam akan mengurangi kejadian hipertensi.
  • KALIUM

Pengaruh buruk kelebihan natrium dapat dinetralisir dengan tingginya asupan kalium ke dalam tubuh. Jadi, bila Anda memiliki gejala hipertensi, dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi  makanan tinggi kalium, seperti buah dan sayur.
  • KAFEIN

Penderita hipertensi yang terbiasa minum kopi dianjurkan untuk tidak mimun kopi berlebihan, yaitu tidak lebih dari 2 cangkir kopi encer dalam sehari.

Pengendalian Berat Badan

Kegemukan merupakan faktor risiko terjadinya hipertensi, meski tak semua orang kegemukan menderita hipertensi. Penurunan berat badan pada pasien hipertensi yang kegemukan terbukti juga merupakan cara untuk menurunkan tekanan darah.

Latihan Jasmani

Latihan jasmani yang teratur daapat menurunkan tekanan daraah, karena selain daapat menurunkan berat badan, juga akan memancing timbulnya perasaan santai.

Tanggulangi Stres

Stres adalah salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi. Berbagai cara seperti duduk berdiam diri, membaca, berkebun, meditasi, yoga, hipnotis, dan melakukan hobi, dapat menjadi alternatif untuk menciptakan keadaan relaks.

Rokok & Alkohol

Merokok, baik secara aktif maupun pasif dapat mempertinggi kejadian hipertensi. Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi, jika tak ingin terserang hipertensi, kedua hal tersebut harus benar-benar dihindari.

Baca Juga :

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Enter your email address:      by   FeedBurner