Gudang Gaya


Penyakit Jantung Ancam Anak Gemuk

Bookmark and Share
Gambar diambil dari Search Enggine Google
Amsterdam: Kelebihan berat badan pada anak-anak dapat mengancam kesehatan jantung meski mereka masih pada usia sekolah dasar, demikian hasil sebuah penelitian di Belanda. Penyakit jantung biasanya diasosiasikan pada orang lanjut usia, tetapi sinyal-sinyal peringatan dini terdeteksi pada anak-anak berusia dua hingga 12.

Dua pertiga dari 307 anak yang menjadi objek studi memiliki sedikitnya satu gejala awal seperti tekanan darah tinggi. Obesitas adalah masalah yang semakin banyak terjadi di seluruh dunia dengan lebih banyak orang mengalami kelebihan berat badan pada usia yang lebih muda.

Para peneliti di Pusat Medis Universitas VU di Amsterdam mengumpulkan data dari Unit Pengawasan Dokter Anak Belanda antara 2005-2007. Mereka melihat sinyal-sinyal peringatan penyakit jantung pada anak-anak obesitas.

"Yang mengejutkan, 62 persen anak-anak obesitas di bawah usia 12 tahun sudah memiliki satu atau dua faktor risiko kardiovaskuler," kata studi tersebut. Lebih dari separuh memiliki tekanan darah tinggi, dan ada juga kasus-kasus kolesterol baik rendah dan gula darah tinggi, yang dapat berakibat pada diabetes tipe 2.

Para peneliti mengatakan hal ini "dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskuler pada remaja." Doireann Maddock, seorang perawat jantung senior dengan Yayasan Jantung Inggris, mengatakan, "Meski ini adalah studi kecil, temuan ini mengejutkan.(BBC/ADO)

(Sumber : Acara TV - SCTV Liputan 6)


Baca Juga :
 

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Upi Oberoi mengatakan...

Jadi bagaimana tuh cara mengatasinya selain dari yang di terangkan.
Wah,, kasihan anak saya.. :(

Enter your email address:      by   FeedBurner