Gudang Gaya


Pandai Bertanya

Bookmark and Share
Bertanya tidak berarti mencampuri orang lain. Orang sering merasa dihargai bahkan tersanjung oleh pertanyaan Anda, karena pertanyaan itu menunjukkan ketertarikan Anda pada mereka dan pada jaawaban mereka.

Bertanyapun merupakan cara yang sangatmeyakinkan untukmeperoleh informasi. Kuncinya ajukan pertanyaan yang mengembangkan diskusi. Gunakan tip berikut ini untuk dapat bertanyadengan baikagar memperoleh jawaban yang Anda perlukan.

  • Pertanyaan terbuka – hindarkan pertanyaan yang membuat orang menjawab ya atau tidak. Ajukan pertanyaan yangmerngsang uraian jawaban. Misalnya, jangan bertanya Apakah Anda menyesali tindakan itu?, tetapi Bagaimana sekarang perasaan Anda dengan tindakan Anda itu?. 
  • Ciptakan siklus belajar – tolong jelaskan keputusan Saudara tentan masalah …… 
  • Mintalah penjelasan – orang sering bicara dengan istilah umum. Untuk memperoleh informasi yang lebih tepat, tanyakan : Persisnya apa yang ingin Anda ubah?. 
  • Hidari pertanyaan yang mematikan – pertanyaan mengapa melakukan sesuatu - dapat menye babkan orang bersikap defensif – entah karena belum benar benar menyelidiki alasan alasannya atau karena merasa ditantang. Untuk mendapat lebih banyak informasi, bertanyalah pada apa dan bagaimana mereka melakukan..Itu akan menunjukkan ketertarikan Anda kepada mereka.
Nada yang Laras dan Hubungan yang Harmonis 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Enter your email address:      by   FeedBurner