Gudang Gaya


Suka Bohong Bikin Anak Mudah Sakit

Bookmark and Share
Jakarta: Masih ingat pemeo latin "Men Sana In Corpora Sano" alias di dalam jiwa yang kuat terdapat tubuh sehat? Mungkin informasi berikut ini merupakan kebalikan dari pepatah tersebut.

Studi terbaru menyatakan bahwa kejujuran bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Dengan kata lain, suka berbohong dapat membuat fisik mudah sakit. Demikian yang dipresentasikan oleh Profesor Psikologi dari Universitas Notre Dame di Indiana--Anita Kelly dalam pertemuan tahunan Asosiasi Psikologikal Amerika Serikat, Ahad (5/8).

Dalam penelitian tersebut, Anita melakukan tes kejujuran terhadap 110 orang (usia 18-71) selama 10 pekan. Hasilnya, terbukti bahwa kebohongan membuat kesehatan para responden menurun. "Ketika berbohong, kesehatan mereka tampak menurun. Sebaliknya, kesehatan mereka kembali membaik saat mereka jujur." katanya, seperti dilansir USA Today.

Selain itu, ditemukan juga beberapa keluhan fisik dan mental akibat berbohong, seperti perasaan tegang atau melankolis, sakit tenggorokan dan kepala.

Senada dengan Anita Kelly, Profesor dari Universitas Loyola di Chicago Linda Stroh mengatakan bahwa berbohong bisa membuat pikiran sedikit stres yang berdampak pada kesehatan tubuh. "Ketika Anda tidak berbohong, tubuh mengalami lebih sedikit stres," katanya.

Hal tersebut juga diamini oleh Robert Feldman, psikolog dari Universitas Massachusetts, Amherst, Amerika. Menurutnya, perilaku jujur dan tulus membuat orang jadi lebih sehat secara psikologis.(IAN)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Enter your email address:      by   FeedBurner